Beasiswa UMS 2017

beasiswa-ums-id-2017

Universitas Muhammadiyah Surakarta memberikan apresiasi terhadap putra putri bangsa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dalam bentuk bantuan dana pendidikan (beasiswa). Beasiswa UMS dibagi dalam beberapa jenis antara lain:

  1. BBUMD (Beasiswa Bibit Unggul Muhammadiyah dan Daerah) bertujuan membantu siswa yang saat ini (pada tahun akademik 2017/2018) sedang duduk di kelas XII SMA/SMK/MA yang mempunyai prestasi dan kemampuan akademik yang baik, namun memerlukan dukungan pendanaan atau fasilitas keringanan biaya. UMS menyediakan beasiswa BBUMD untuk mahasiswa baru dan berlaku untuk semua program studi, kecuali Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Program Double Degree.
    Selengkapnya

  2. BU (Beasiswa Unggulan) Muhammadiyah ditujukan kepada siswa yang saat ini (pada tahun akademik 2017/2018) sedang duduk di kelas XII MA/SMA/SMK yang mempunyai prestasi, berkemampuan akademik tinggi (prestasi di sekolah 5% yang terbaik), aktif dalam kegiatan organisasi Muhammadiyah atau organisasi otonom di bawah Muhammadiyah. Bagi hafidz/hafidzah Quran akan mendapatkan perhatian khusus. Beasiswa ini mencakup seluruh biaya kuliah di UMS mulai dari Dana Pengembangan, biaya kuliah hingga biaya wisuda. Program Beasiswa Unggulan Muhammadiyah berlaku untuk semua program studi, kecuali Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Program Double Degree.
    Selengkapnya

  3. BIP (Beasiswa International Priority), beasiswa ini mencakup seluruh biaya kuliah di UMS mulai dari Dana Pengembangan, biaya kuliah hingga biaya wisuda. Biaya lain seperti praktik kerja lapangan, praktik rumah sakit, ujian ulang skripsi atau kegiatan student exchange dengan mitra di luar negeri tidak tercakup dalam beasiswa ini dan menjadi tanggungan mahasiswa. Program Beasiswa International Priority (BIP) berlaku untuk semua program studi, kecuali Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi. BIP ini untuk mahasiswa Indonesia yang akan menempuh kuliah di UMS pada program kelas internasional, tidak berlaku untuk program Double Degree.
    Selengkapnya

  4. BP (Beasiswa Prestasi) UMS 2017 bertujuan membantu siswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik dan terutama ditunjang dengan prestasi bidang olah raga atau bidang ilmiah dan seni, namun memerlukan dukungan pendanaan atau fasilitas keringanan biaya. UMS menyediakan Beasiswa Prestasi (BP) untuk mahasiswa baru dan berlaku untuk semua program studi, kecuali Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Program Double Degree. Siswa yang bisa mengajukan Beasiswa Prestasi (BP) UMS 2017 ini adalah siswa yang saat ini (pada tahun akademik 2016/2017) sedang duduk di kelas XII SMA/SMK/MA, mempunyai prestasi akademik di sekolah 25% terbaik, dan harus ditunjang dengan prestasi bidang olah raga atau bidang ilmiah dan seni minimal juara di level propinsi yang diadakan oleh lembaga bereputasi.
    Selengkapnya

  5. BHA (Beasiswa Hafidz Al-Qur’an) Muhammadiyah ditujukan kepada siswa yang saat ini (pada tahun akademik 2016/2017) sedang duduk di kelas XII MA/SMA/SMK Sekolah Umum atau Pondok Pesantren dan hafal Al-Qur’an minimal 15 Juz. Untuk calon yang berasal dari Sekolah Umum atau Pondok adalah yang mempunyai prestasi atau berkemampuan akademik tinggi (prestasi di sekolah 10% yang terbaik).
    Selengkapnya