Hadirkan Inovasi Baru, PMB ODS Layani Pendaftaran Hari Libur

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 01/26/2018 - 08:48
ods-minggu-buka

Sudah hampir 1 bulan One Day Service Universitas Muhammadiyah Surakarta (ODS UMS) membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada UMS, ODS berusaha untuk meningkatkan pelayanannya. Hal ini yang kemudian membuat ODS UMS melakukan sebuah inovasi baru, yaitu melayani pendaftaran pada hari Minggu.

Dr. Triyono, M.Si selaku ketua panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sekaligus Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) menjelaskan dasar dari inovasi yang dilakukan ini adalah dengan melihat para siswa yang kini masuk sekolah selama 5 hari kerja. Hal tersebut membuat jam belajar di sekolah selesai sore hari dan waktu luang mereka untuk mendaftar hanya pada hari Sabtu.

“Anak-anak SMA kan sekarang masuk selama 5 hari dan pulang sore. Sehingga kesempatan mendaftar akan banyak pada hari Sabtu. Tentunya hari Sabtu pun karena pendaftar banyak itu mungkin nanti tidak akan selesai pada 1 hari, dan itu nanti bisa diselesaikan pada hari Minggu,” jelasnya ketika ditemui di Gedung Induk Siti Walidah UMS, Selasa (23/01/2018).

Rencananya inovasi PMB ini, UMS akan mulai membuka pendaftaran ketika hari libur, pada Minggu (28/01/2018). Selanjutnya pada bulan Februari pendaftaran pada hari libur ini akan dibuka secara full yaitu pada tanggal 4, 11, 18, dan 25 Februari 2018. 

Selain dilatar belakangi dengan masuk sekolah 5 hari kerja, keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan salah satunya untuk memberi kemudahan bagi calon pendaftar yang berdomisili jauh dari kota Solo. Pendaftar yang berdatangan saat ini banyak dari luar kota Solo, bahkan luar Jawa Tengah. Mereka banyak berdatangan dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara dan sebagainya.

Pendaftaran pada hari libur ini rencana hanya akan dibuka hingga bulan Februari saja. Hal tersebut didasarkan karena bulan Maret para siswa sudah melakukan persiapan untuk ujian sekolah yang dilanjutkan dengan ujian nasional. Setelah itu mereka lalui maka waktu mereka untuk mendaftar ke perguruan tinggi akan lebih longgar, sehingga pembukaan pendaftaran pada hari libur ini tidak diberlakukan lagi.

Dr. Triyono, M.Si juga menambahkan bahwa keputusan ini juga diawali dengan survey kecil-kecilan yang telah dia lakukan. Pada survey tersebut dia mencoba bertanya kepada para orang tua yang mengantar anaknya mendaftar mengenai pendaftaran tersebut. 

“Sebelumnya saya juga melakukan survey kecil-kecilan kepada para orang tua yang mengantar. Beliau-beliau sangat menghendaki, sekali perjalanan dalam mendaftar bisa langsung selesai. Maka satu-satunya jalan bisa kita buka pendaftaran untuk hari Minggu,” tambahnya.

Selain itu dia juga berharap semoga dengan adanya keputusan ini para siswa yang mendaftar ke UMS tidak merasa terganggu dalam proses belajar di sekolahnya. “Dengan dibukanya pendaftaran pada hari Minggu semoga nantinya mereka tidak terganggu sekolahnya,” harapnya.

Sebelum menutup wawancara, Ketua PMB UMS memaparkan data pendaftaran tertanggal 24 Januari 2018 siang pilihan satu tercatat sebanyak 2.901 peminat, sedang pilihan dua ada 2.894 peminat. Hingga saat ini calon mahasiswa yang sudah lolos dan telah melakukan registrasi sebanyak 792 orang. Peminat tertinggi adalah Program Studi (Prodi) Kedokteran sebanyak 933 peminat, Farmasi 543 peminat, Manajemen 351 peminat, Psikologi 284 peminat, dan Hukum 224 peminat. (Khairul/Eko)