IENACO 2017 - Pentingnya Ergonomi dalam Pembangunan Industri Kreatif Nasional “Human - Centered Creative Industries"

Dikirim oleh ridlo pada Kam, 03/30/2017 - 17:29
ienaco-2017

Surakarta (IENACO, 29/3) – Industrial Engineering National Conference (IENACO) merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. IENACO 2017 merupakan kegiatan tahun kelima dengan mengambil tema “Human-centered Creative Industries” dengan pembicara utama Ir. Yassierli, MT., PhD., CPE (Associate Professor, Teknik Industri ITB; Ketua Umum Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) Pusat) dan Ir. Catur Hernanto, MM., IPM. (Sekretaris Umum dan Kabid Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Badan Kejuruan Teknik Industri Perhimpunan Insinyur Indonesia (BKTI PII)). Rangkaian acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 hingga 30 Maret 2017, bertempat di The Alana Hotel Solo dan di Gedung Induk Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tema tahun ini fokus pada peranan ergonomi dalam perancangan sistem kerja industri kreatif. Konsep ergonomi adalah perancangan produk yang berbasis manusia (Human-Centered Design) yaitu manusia sebagai pekerja (organisasi yang ergonomis) dan manusia sebagai pengguna (produk yang ergonomis). Selain dua poin tersebut, ergonomi dalam perancangan sistem kerja industri juga memiliki peran untuk menjaga keselamatan kerja, kesehatan kerja dan produktivitas.

Ir. Yassierli, MT., PhD., CPE menjelaskan bahwa sejalan dengan meningkatnya global trends industri kreatif nasional untuk masa depan, dibutuhkan peran insinyur yang benar-benar mengetahui aspek terkait perbaikan sisi ergonomi untuk meningkatkan kualitas produk. Apalagi, pada saat, trend industri yang sedang berkembang pesat adalah teknologi. Teknologi memegang peranan sangat penting dalam peningkatan perkembangan industri kreatif nasional.

Sekretaris Perhimpunan Insinyur Indonesia, Ir. Catur Hernanto, MM, IPM. menegaskan bahwa “seorang insinyur harus bisa memenuhi kebutuhan, keselamatan, dan keamanan masyarakat serta harus bisa mengatasi permasalahan yang ada di lingkungan.”

Rektor UMS pada sambutannya menyampaikan bahwa, “Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik UMS, sebagai bagian dari UMS, bermaksud memertajam positioning, yakni menjadikan industri kreatif sebagai objek kajian utama. Penyelenggaraan Industrial Engineering National Conference (IENACO) 2017 adalah salah satu upaya yang ditempuh dalam rangka penguatan positioning tersebut.”

Eko Setiawan, ST., MT., Ph.D selaku Ketua Panitia sekaligus Ketua Jurusan Teknik Industri melaporkan bahwa rangkaian kegiatan IENACO 2017 ini meliputi seminar nasional, presentasi makalah dari akademisi, peneliti, maupun praktisi dan diakhiri dengan Workshop Perancangan Sistem Kerjadan Ergonomi pada hari kedua. Pada tahun ini panitia menerima sejumlah 195 makalah yang dikirim oleh penulis dari 38 universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Dari jumlah tersebut, makalah yang berhak dipresentasikan sebanyak 134 judul. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah penelitian di bidang ergonomi dan memberikan sumbangsih pada dunia industri khususnya pada pengembangan industri kreatif. (Lathifah Thawafani)