Jalin Silaturahmi, UMS Sambut UAD dalam Kegiatan Studi Banding

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 10/06/2017 - 09:24
kunjungan-uad-001

Kegiatan studi banding Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta ke Universitas Muhammdiyah Surakarta (UMS) menjadi sarana silaturahmi sekaligus memperkuat hubungan kerjasama antar keduanya. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada Kamis (5/10/2017) kemarin.

Dalam kunjungan yang dilaksanakan kemarin, UAD membawa rombongan Biro Akademik dan Admisi. Rombongan yang terdiri dari 10 orang tersebut mewakili unit masing-masing seperti Bidang Administrasi dan Evaluasi Akademik, Bidang Marketing dan Pengelolaan Mahasiswa Baru, Pengeloaan Sistem Manajemen Ruang, Bendahara Penerimaan Mahasiswa Baru dan Bidang IT.

Drs. Dedi Pramono selaku Kepala BAA UAD mengungkapkan kunjungan mereka ke UMS selain untuk silaturahim juga belajar mengenai sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di UMS. Pembelajaran yang ingin didapatkan pada kesempatan ini lebih berfokus pada pelaksanaan Computer Based Test (CBT) yang telah diterapkan UMS dalam PMB.

“Tujuan kami melakukan kunjungan kesini yaitu untuk silaturahim dan disamping itu kami benar-benar ingin belajar. Disini kami ingin belajar mengenai sistem CBT yang telah diterapkan di UMS. Untuk mempelajari hal itu juga banyak tempat yang ingin dikunjungi, salah satunya di UMS ini,” ungkapnya dalam kunjungan tersebut.

Kunjungan UAD ini disambut hangat oleh UMS. Dalam sambutanya, Dr. Triyono selaku Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) UMS menjelaskan bahwa disini mereka belajar bersama untuk saling melengkapi mengenai strategi yang dimiliki UMS maupun UAD. Dia juga menjelaskan bahwa dalam CBT UMS, calon mahasiswa baru dapat melakukan 9 kali tes dengan 3 kali mendaftar.

“Disini kita bersama-sama untuk saling melengkapi kekurangan yang kita miliki. Selain itu, untuk CBT di UMS sendiri, setiap calon mahasiswa dapat melakukan tes sebanyak 9 kali dengan 3 kali pendaftaran. Jadi ketika mereka tidak lolos, masih ada kesempatan lagi untuk melakukan tes, dan dalam CBT kemungkinan mereka menemukan soal yang sama sangat kecil sekali,” jelasnya.

Dalam sesi inti kegiatan ini, Husni Thamrin, Ph.D selaku Kepala Biro Teknologi Informsi (BTI) UMS memberikan penjelasan mengenai proses dan tahap pendaftaran mahasiswa baru hingga melakukan CBT. Gambaran secara umum mengenai hal tersebut juga turut ia berikan sehingga tim dari UAD dapat memahaminya secara jelas. (khairul – Editor. Ahmad)

Gambar 1Gambar 2
 
Gambar 16Gambar 17