MONEV PKM: Universitas Muhammadiyah Surakarta Kirim PKM Terbanyak

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 08/04/2017 - 09:38
monev-pkm

Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) area Eks-karesidenan Surakarta bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Negeri Surakarta (UNS). Pelaksanaan MONEV PKM dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 12-13 Juli 2017.

Acara MONEV PKM yang dilaksanakan di Gedung Induk Siti Walidah lantai 3 dan 4, Universitas Muhammadiyah Surakarta berjalan tertib dan lancar. Diikuti oleh sembilan universitas antaralain Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, STMIK Duta Bangsa, Akademi Perekam Medik & Info Kes Citra Medika, Universitas Islam Batik, Universitas Setia Budi Surakarta, Universitas Slamet Riyadi, Universitas Veteran Bangun Nusantara dan Universitas Widya Dharma. Jumlah judul yang diajukan sebanyak 140 judul PKM, dengan total pengajuan judul terbanyak oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta yakni 127 judul dan menggeser Universitas Negeri Surakarta ke posisi kedua dengan total pengajuan sebanyak 124 judul.

PKM yang menjadi ajang kreativitas mahasiswa terbukti mampu memberi sumbangsih terhadapat kebutuhan dan kemajuan intelektual negara. “Kami mengikuti PKM untuk meningkatkan kreatifitas serta mengemukakan ide guna memecahkan permasalahan yang ada di Indonesia, khususnya dibidang KB” tutur Fajar, salah satu peserta MONEV PKM.

Selain menjadi ajang kreatifitas mahasiswa, PKM diharapkan meningkatkan kepedulian mahasaiswa terhadap persoalan sosial dan memberikan solusi praktis dengan penelitian yang dilakukan. “Kami membuat Aplikasi Keluarga Berencana Online (KABEL) dengan maksud memberika solusi terhadap permasalahan KB di Indonesia yang belum optimal. Harapannya kami bisa mendapat bimbingan secara khusus mengenai PKM agar karya ataupun penelitian yang kami lakukan dapat lebih terarah” sambung Fajar.

PKM sendiri telah menjadi agenda rutin dan selalu menghasilkan karya baru dan unik, sedangkan MONEV PKM diadakan dengan tujuan mengawasi dan megevaluasi hasil PKM yang sebelumnya telah diajukan secara online di Simbelmawa ristekdikti. Adapun hasil MONEV pada tahun ini akan dijadikan acuan untuk menentukan keikutsertaan mahasiswa mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-28 Agustus 2017 di Universitas Muslim Indonesia. (Ahmad)