Pembukaan LKS SMK 2017 Tingkat Nasional di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Submitted by ridlo on Mon, 05/15/2017 - 13:14
lks-2017

Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) XXV 2017 Tingkat Nasional resmi dibuka pada Senin, 15 Mei 2017 di GOR Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pembukaan dilakukan oleh Hamid Muhamad selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Acara yang berlangsung 14 Mei sampai 20 Mei 2017 diikuti oleh SMK terbaik dari 34 provinsi dengan total 1.114  peserta. Hamid Muhamad, dalam sambutanya mengemukakan, saat ini pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap kualitas lulusan SMK. LKS SMK yang menjadi agenda rutin tahunan merupakan salah satu cara merespon masalah kualaitas lulusan SMK sekaligus cara untuk menunjukkan Indonesia memiliki pusat-pusat unggulan.

LKS SMK Tingkat Nasional ke-25 ini menghadirkan 56 bidang lomba yang akan dilaksanakan di Stadion Manahan Solo, tujuh SMK di Surakarta dan beberapa lokasi lainnya. Ketujuh SMK tersebut yaitu SMKN 2, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMKN 7, SMK Warga dan SMK Mikael. Sedangkan beberapa lokasi lainnya, yaitu Hotel Swiss Bell, Hotel The Sunan, dan PT Putra Nugraha. Kompetisi ini melibatkan juri sebanyak 201 orang yang berasal dari beberapa unsur di antaranya institusi pengembangan kepala sekolah dan guru, perguruan tinggi, praktisi, dan dunia usaha dunia industri (DUDI).

Dalam rangkaian acara tersebut, diadakan Program One School One Province (OSOP) dan Program One School One Country (OSOC) yang bertujuan untuk mempromosikan keunggulan-keunggulan SMK ke khalayak baik ditingkat Nasional maupun ASEAN. LKS SMK Nasional ini juga disemarakkan dengan pameran yang diikuti 34 provinsi di Indonesia yang masing-masing mengirimkan perwakilan SMK terbaiknya untuk menampilkan berbagai produk unggulan dan pameran industri oleh DUDI yang menjadi mitra SMK-SMK, yang diselenggarakan di Stadion Manahan Solo. (Ahmad)