Program Pascasarjana

Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta berdiri tahun 1997 dan terdiri dari empat belas belas Program Studi, yaitu dua belas Program Magister dan dua Program Doktor. Khusus untuk Program Magister terdiri dari Program Pemikiran Islam, Program Hukum Islam, Program Pendidikan Islam, Program Manajemen, Program Manajemen/administrasi Pendidikan, Program Hukum, Program Teknik Sipil, Program Pengkajian Bahasa, Program sikologi, Program Teknik Mesin, Program Ilmu Farmasi, dan Magister Akuntansi. Sementara Program Doktor yang dimiliki Program Doktor Hukum dan Program Doktor Pendidikan Agama Islam. Dari empat belas Program Studi tersebut sepuluh diantaranya telah memperoleh sertifikat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) empat diantaranya sedang dalam proses akreditasi. Disamping itu, beberapa Program Studi telah memperoleh kepercayaan pemerintah sebagai penyelenggara beasiswa BPPDN sejak tahun 2008.

Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta senantiasa menempatkan diri sebagai institusi Pendidikan Tinggi yang akan terlibat dalam setiap perkembangan ilmu, melalui penelitian-penelitian empirik maupun literer. Dosen-dosen Sekolah Pascasarjana telah banyak memperoleh skim penelitian yang didanai oleh DP3M maupun Kementerian Ristek antara lain: Penelitian Hibah Pascasarjana, Hibah Kompetensi, Hibah Kompetitif Sesuai Prioritas Nasional, Hibah Bersaing dan Hibah Kerjasama Luar Negeri yang dibiayai Kementerian Ristek. Skim penelitian-penelitian tersebut berimplikasi pada penyelenggaraan pendidikan yang optimal dan sistemik dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang akan mendorong para mahasiswa untuk melampaui batas-batas tradisional dalam pendidikan keilmuan.

Dengan demikian, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta akan mengisi Program Pendidikan Stratum 2 dan Stratum 3 dengan visi dan misi yang jelas dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan intelektual bangsa, melalui kajian-kajian komprehensif dan mendalam.