Program Profesi Insinyur Universitas Muhammadiyah Surakarta Resmi Dibuka

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 01/21/2017 - 12:23
profesi-insinyur-ums

Universitas Muhammadiyah Surakarta secara resmi siap melaksanakan program profesi insinyur, sekaligus menjadi pionir di Jawa Tengah. Surat keputusan (SK) penyelenggaraan program profesi insinyur yang dinantikan akhirnya turun dan diterima langsung oleh Rektor Terpilih, Dr. Sofyan Anief.

Dikeluarkannya ijin operasional penyelenggaraan program profesi insinyur batch 1 pada hari Kamis, 12 Januari 2017 telah menunjuk 4 Perguruan Tinggi yang siap dan telah memenuhi persyaratan untuk menyelenggarakan program tersebut. Keempat perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Andalas, Universitas Muslim Indonesia dan Universitas Bina Nusantara.

Terdapat dua jalur yang dapat ditempuh mahasiswa untuk mendapatkan gelar insinyur dalam program ini. Dua jalur tersebut adalah reguler dan rekognisi pembelajaran lampau (RPL). Jalur reguler dikhususkan bagi mahasiswa dengan pengalaman kerja kurang dari dua tahun, dengan menempuh total SKS sebanyak 24.

Sedangkan, untuk calon untuk calon mahasiswa dengan pengalaman lebih dari dua tahun dapat menempuh jalur RPL, tanpa harus menempuh perkuliahan atau sesuai dengan penilaian tim asesor program profesi. Program RPL ini sangat sesuai bagi para Sarjana Teknik yang telah berpengalaman dan ahli dalam bidang keinsinyuran, tanpa harus meninggalkan pekerjaannya untuk mendapatkan gelar insinyur.

Program profesi insinyur diharapkan mampu meningkatkan jumlah insinyur di Indonesia, terutama dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Harapan tersebut dipertegas oleh Patdono Suwignjo selaku Ditjen Kelembagaan IPTEK DIKTI bahwa jumlah insinyur di Indonesia per 1.000 penduduk masih kalah jauh dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN. Untuk itu, perguruan tinggi yang telah menerima izin operasional segera menerima mahasiswa profesi insinyur.

Selaras dengan denga pernyataan tersebut Dekan Fakultas Teknik UMS, Dr. Sri Sunarjono, menambahkan UMS sudah mulai menerima pendaftaran mahasiswa program profesi insinyur pada tahun ajaran 2017/2018. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website ppi.ums.ac.id atau secara offline dengan datang di kantor admisi UMS gedung induk Siti Walidah UMS pada jam kerja. (Ahmad)