Struktur UMS

Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang berorientasi pada sistem pendidikan berbasis penelitian, Universitas Muhammadiyah Surakarta selalu berupaya agar sistem pendidikan yang ada mampu mempersiapkan mahasiswa-mahasiswinya bersaing secara global dalam segala aspek, baik di bidang ilmu sains, sosial humaniora, dan kedokteran. Untuk itu dibutuhkan pembangunan budaya dan atmosfir intelektual yang intensif dan konsisten. Hal ini sepenuhnya mendapatkan dukungan dari organisasi dan manajemen yang saling mendukung satu sama lain, baik itu dari Majelis Guru Besar, Senat, Kabinet Rektorat, Dekan Fakultas hingga Tim Administrasi.

Dalam menjalankan roda operasionalnya, pihak manajemen UMS menggunakan asas transparansi dan akuntabilitas. Dengan prinsip tersebut, diharapkan UMS mampu berakselerasi dalam masyarakat global sebagai perguruan tinggi dengan tradisi keilmuan dan keislaman.

Struktur organisasi UMS memiliki fleksibilitas untuk mendukung program-program kerja berdasarkan visi, misi dan tujuan yang menjadi GBPP (Garis Besar Pelaksanaan Pendidikan) UMS. Struktur organisasi juga merupakan tonggak yang mampu menjamin kualitas pembuatan kebijakan, manajemen keuangan yang modern, dan tentunya menjaga level pencapaian pada persaingan global.

Pimpinan UMS dengan beberapa tim pendukungnya adalah gambaran institusi pendidikan yang modern dimana kampus harus mampu mengakomodir semua aspek dan masukan dari semua unitnya berbasiskan alam berpikir demokratis, sekaligus berjalan beriring dengan manajemen modern demi mencapai tujuan luhur menghasilkan lulusan yang berkualitas. Akhir kata, atmosfir yang modern, demokratis dan manajemen modern adalah jiwa dan semangat dari Universitas Muhammadiyah Surakarta di era milenium ini.

 

Berikut Bagan Struktur Organisasi UMS Tahun 2017-2021

bagan-struktur-ums