Tentang UMS

sitiwalidah-ums

 

Kampus Keilmuan dan Keislaman

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan universitas salah satu universitas terbaik diantara 170 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia. Dalam kegiatan belajar mengajar UMS menerapkan “Wacana Keilmuan dan Keislaman” yakni mampu menumbuhkan budaya Islami yang menguasi ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dilandasi nilai-nilai keislaman sesuai manhaj Muhammadiyah. Oleh karenanya, penanaman sikap kerja keras, jujus, ikhlas, sabar, berintegritas tinggi, pemikiran positif, rasional objektif, adil dan berhati bersih kepada segenap civitas akademika menjadi landasan moral pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan ilmu-ilmu keislaman menyongsong era globalisasi.

Berdiri sejak tahun 1981, UMS selalu menjaga mutu kualiatas pendidikannya agar senantiasa menciptakan lulusan yang kompeten sesuai dengan tuntutan jaman. Dengan berpegang teguh pada cita-cita luhur yakni mencerdaskan bangsa, UMS senantiasa meningkatkan sistem pendidikannya agar mampu bersaing dikancah globarl.

Hubungan Internasional

Universitas Muhammadiyah Surakarta secara aktif mengembangkan kerjasama terhadap perguruan asing. Beberapa universitas yang pernah menjalin hubungan dengan UMS adalah Kyung dong University (Korea), National Dong Hwa University (Taiwan), Youngsan University (Korea), Derby University (UK), Kingston University (UK), dan Charles Darwin University (Australia), Sheffield University (UK), Nottingham Univevirsity (UK), Minnesota University (USA), Waterloo University (Canada), Curtin University of Technology (Australia).

Green Campus

Universitas Muhammadiyah Surakarta tersebar di dua kota yakni Surakarta dan Sukoharjo. Berada di jalur strategis dan jantung kota, menjadikan UMS mudah di akses dari penjuru kota. Dengan luas wilayah total sekitar 40 hektar, UMS menyediakan Hutan Pendidikan (Edu Park) seluas 6,5 ha yang dijadikan sebagai public space yang asri.