UMS Peringati HUT RI ke-72: Generasi Muda Pertahankan Kemerdekaan dengan Hal Positif

Dikirim oleh ridlo pada Jum, 08/18/2017 - 10:35
upacara-hut-72-ums

Sejarah panjang tercatat demi terbebasnya dari belenggu penjajah. Tumpah darah para syuhada dan pahlawan negara menjadi pondasi kuat berderinya Indonesia yang merdeka. Pada 17 Agustus 1945 menjadi titik puncak perjuangan bangsa saat itu. Dengan dibacakanya teks Proklamasi dan berkibarnya Sang Saka Merah Putih serta diperdengarkannya lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya menjadi momen bersejarah yang akan terus terukir sepanjang masa. Memperingati peristiwa bersejarah tersebut upacara kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 serempak dilakasanakan diseluruh pelosok nusantara.

Tak terkecuali dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berdiri kokoh di atas bumi pertiwi, menggelar upacara kemerdekaan RI ke-72 di lapangan Gedung Induk Siti Walidah UMS. Upacara yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 pagi tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UMS. Upacara tersebut diikuti oleh staf, perwakilan mahasiswa, serta dosen di lingkup UMS.

Dr. Sofyan anif,M.Si selaku Inspektur Upacara menyampaikan amanat kepada generasi muda Indonesia khususnya generasi muda di Universitas Muhammadiyah Surakarta. "Generasi muda sudah selayaknya mempertahankan kemerdekaan ini dengan melakukan hal-hal yang positif" amanat Rektor UMS (17/8).

Kehidupan masyrakat saat ini memang lebih baik dibandigkan saat era perjuangan. Namun hendaknya masyarakat tidak lantas berpuas diri. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. Sejalan dengan perkembangan zaman, peperangan Indonesia saat ini bukan lagi mengangkat senjata. Peperangan saat ini lebih condong pada perkembangan teknologi dan kesejahteraan ekonomi. Untuk mampu bersaing perlu adanya kecakapan IQ dan EQ yang merata. Karena hal tersebut, diharapkan segenap sivitas UMS mau dan mampu untuk memacu dirinya untuk mencapai tingkatan level tertentu agar bisa bersaing dikancah global sehingga tidak kembali terjajah di era globalisasi. (Ahmad)