UMS Rintis Universitas Muhammadiyah di Malaysia

Dikirim oleh ridlo pada Min, 02/12/2017 - 09:28
ums-um-malaysia

Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) kembali melebarkan amal usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan. Hal ini terbukti dengan adanya rencana perintisan Universitas Muhammadiyah di Malaysia. Universitas tersebut nantinya akan diberi nama University Konsorsium Muhammadiyah Malaysia (UKMM). Gagasan pendirian University Konsorsium Muhammadiyah Malaysia disampaikan oleh Rektor UMS Prof Dr Bambang Setiaji kepada Pengurus Pusat Muhammadiyah beberapa waktu silam. Selanjutnya Pengurus Pusat Muhammadiyah memberikan mandat kepada UMS sebagai leader dalam proses perintisan tersebut.

Pendirian Universitas Muhammadiyah pertama di luar negeri ini, nantinya akan melibatkan sejumlah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia. Tercatat sampai saat ini ada 12 PTM yang akan bekerjasama dalam perintisan University Konsorsium Muhammadiyah Malaysia. PTM yang memiliki Fakultas Kedokteran seperti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Ahmad Dahlan sudah dipastikan ambil bagian dalam mega projek tersebut.

Selain didukung oleh dosen-dosen asal 12 PTM yang terpilih untuk mengajar di UKMM, ada lima perguruan tinggi di Malaysia yang bekerjasama untuk mengirim dosen terbaiknya ke UKMM. Dengan adanya hal tersebut tenaga pengajar adalah tenaga ahli dibidangya sehingga mutu kualitas pendidikan di UKMM nantinya dapat bersaing dikancah global. Program studi University Konsorsium Muhammadiyah Malaysia dipastikan sesuai dengan tuntutan pasar, yang nantinya akan fokus pada bidang eksakta.

Meski masih dalam tahap rintisan, mega projek pendidikan Muhammadiyah dalam mendirikan Universitas Muhammadiyah pertama di luar negeri ini akan diupayakan dapat terealisasi sebelum tahun 2020 mendatang. (Ahmad)