Doktor Pendidikan Agama Islam

Visi

Menjadi Program Studi S-3 Pendidikan Islam yang konsisten dalam pengkajian ilmu kependidikan Islam serta pengembangan sumber daya manusia yang unggul, kompetitif serta besikap demokratis dan multikultural dalam kehidupan global.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan bermutu yang berbasiskan pada prinsip demokrasi dan multikultural.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis penelitian (doctor by research) sehingga melahirkan tenaga ahli yang mampu menggali dan mengembangkan ilmu-ilmu kependidikan Islam dan memecahkan permasalahan yang berkembang ditengah-tengah masyarakat.
  • Mengembangkan progam pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam, khususnya dalam hal interaksi antar individu di masyarakat nasional, global dan multikultural.
  • Meningkatkan peran dalam pemberdayaan masyarakat melalui disiplin ilmu Pendidikan Islam dalam rangka membumikan nilai-nilai demokratis dan multikultural melalui pengembangan jejaring kerjasama dengan lembaga pemerintah, organisasi dan lembaga dakwah Islam, serta pusat studi kependidikan Islam nasional dan global.
     

    Tujuan

    • Melahirkan tenaga ahli berkualifikasi doktor yang memiliki kekuatan intelektual, ketrampilan teoritik serta sikap spiritual dan sikap dalam kehidupan masyarakat global dan multikultural.
    • Melahirkan tenaga ahli berkualifikasi doktor Pendidikan Islam yang memiliki kemampuan untuk memimpin, mengelola dan membina satuan-satuan pendidikan Islam yang dilandasi oleh nilai-nilai hidup universal Islami seperti demokrasi dan multikultural.
    • Menjadikan Program Studi S-3 Pendidikan Islam FAI-UMS disamping sebagai pusat pendidikan, kajian dan penelitian, juga sebagai pusat pengabdian pada masyarakat dengan bidang kegiatan yang sejalan dengan bidang ilmu pendidikan Islam.
    • Membangun kelembagaan dan jaringan yang kokoh, fungsional dan sinergis dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan keilmuan dan kemasyarakatan yang demokratis dan multikultural.

    Informasi Lain

    Akreditasi   C
        (SK Dikjen Pend. Islam Kemenag RI No. 3391/2017)
    Website   http://pdpi.ums.ac.id/