Fasilitas

Untuk menunjang pelaksanaan belajar mengajar, Universitas Muhammadiyah Surakarta dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Dikelola dengan sistem informasi modern menjadikan pelayan kampus semakin mudah dan terorganisir secara rapi. Adapun fasilitas yang ditawarkan UMS antara lain,

Pendampingan dalam peningkatan kapasitas diri

UMS menyediakan pendampingan nyata bagi mahasiswa agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja dan sosial kemasyarakatan. Ada dua jenis pendampingan yang diberikan, yakni: pendampingan al-islma dan kemuhammadiyahan (AIK) serta english tutorial program (ETP). Pendampinagan AIK dengan kegiatan (a) pemetaan baca al quran, (b) pemberantasan buta huruf al quran, (c) diskusi keagamaan. Tujuannya adalah memberikan pendidikan karakter dan keagamaan untuk meningkatkan kualitas lulusan, serta menjadikan mereka unggul di masyarakat.

Pendampingan ETP adalah pendampingan yang dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi pasar global dengan mempelajari dan memahami bahasa asing (inggris). Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain: (a) pembelajaran bahasa inggris dasar, (b)  pembiasaan penggunaan bahasa inggris verbal dan tulisan, (c) pendampingan dengan tutor ETP setiap satu pekan sekali, (d) social gathering, (e) english tutorial cup.

Perpustakaan

Perpustakaan menjadi gudang ilmu engetahuan, oleh karenanya perpustakaan UMS selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjungnya. Memiliki 40.000 koleksi buku akademik dan buku non akademik, kumpulan skripsi dan tesis, dan arsip penelitian menjadikan perpustakaan UMS menjadi satu dari banyak perpustakaan terlengkap di Surakarta. Selain dalam bentuk cetak, perpustakaan UMS juga menyediakan koleksinya dalam bentuk e-book (buku elektronik) yang dapat di unduh secara mandiri. Hal tersebut merupakan inovasi pelayanan yang mengerti akan kebutuhan pengunjungnya di era teknologi ini.

Laboratorium

Selain mengedepankan teori yang diberikan secara tatap muka oleh para tenaga pengajar profesional, UMS pun menekankan untuk mempraktekan ilmu teori tersebut secara langsung, salah satunya melalui laboratorium. Seluruh fakultas UMS memiliki laboratorium masing-masing guna menunjang kebutuhan para peserta didik agar dapat langsung menerapkan, memanfaatkan serta membuat bahan untuk diterapkan secara nyata berdasarkan teori yang telah dipelajari sebelumnya sehingga lebih siap dalam memasuki dunia kerja. Laboratorium yang ada di UMS, antaranya:  (1) Lab Akuntansi, (2) Lab Farmasi, (3) Lab Geografi, (4) Lab Hukum, (5) Lab Gizi, (6) Lab Kimia, (7) Lab Biologi, (8) Lab Komunikasi, (9) Lab Matematika, (10) Microteaching / LAB, (11) Lab Komputer FKI, (12) Lab Psikologi, (13) Lab Arsitektur, (14) Lab CAD (Computer Aided Design), (15) Lab CAM (Computer Aided Manufacturing), (16) Lab CAE (Computer Aided Engineering), (17) Lab Elektro, (18) Lab Fisika, (19) Lab Teknik Komputer, (20) Lab Teknik Mesin, (21) Lab Teknik Sipil, (22) Mini Bank Syariah, (23) Pasar modal, (24) Bookstore UMS (Toko Buku).

Gedung Olah Raga

UMS tidak hanya mengedepankan kesehatan rohani dalam kegiatan sehari-harinya, sehingga UMS menyediakan Gedung Olahraga (GOR) yang dapat membantu civitas akademika UMS untuk tetap bugar ditengah kesibukan belajar mengajarnya. Olahraga yang kerap dilakukan di GOR, diantaranya olahraga basket, taekwondo, futsal, karate, pencak silat dan bulu tangkis.

Masjid dan Mushola

Masjid dan mushola yang merupakan sarana peribadatan umat islam disediakan di beberapa kampus, agar dapat menfasilitasi dan mudah di akses bagi keluarga besar UMS dan umum. Masjid induk (dalam tahap pembangunan) juga disediakan sebagai sarana dakwah dimana akan menjadi pusat kegiatan keislaman.

Kendaraan operasional

Untuk memudahkan perpindahan dari satu lokasi ke lokasi lainnya, UMS memiliki fasilitas kendaraan operasional berupa mobil minibus atau pun bis, yang dapat digunakan oleh para civitas akademika UMS, seperti kegiatan seminar atau lomba di sekitar UMS atau pun di luar kota.

Area Parkir yang Nyaman

Untuk membantu kebutuhan pengguna kendaraan pribadi baik sepeda, motor maupun mobil tetap aman selama pemilik melakukan kegiatan di sekitar UMS, UMS menyediakan lahan parkir yang nyaman dan aman. Dilengkapi CCTV dan petugas keamanan.

Jaringan Internet

UMS menyadari bawa di era native digital, dimana generasi yang lahir di masa ketika perkembangan teknologi digital berlangsung, para civitas akademika UMS membutuhkan akses yang nyaman untuk berselancar di dunia maya sehingga mereka dapat dengan mudah memperoleh informasi terbaru yang ada di seluruh belahan dunia terutama bagi mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliahnya. Oleh karena itu, internet nirkabel yang bebas biaya telah tersedia di hampir seluruh kampus UMS yang diperuntukkan bagi dosen serta mahasiswa dari pukul 7.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Area Hijau (green campuss)

UMS memiliki area hijau yang luas, edupark sebagai area hijau terluas UMS, serta tersedia danau dan taman di sekitar kampus. Edupark merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh UMS yang terletak di Jl. Adisucipto Karanganyar, beberapa kilometer dari kota Solo ke arah barat. Tepatnya dari bundaran Manahan ke Barat atau dari Kampus UMS Pabelan ke arah utara. Edupark adalah sebuah taman rekreasi keluarga seluas 6 hektar yang didesain sebagai taman alam dengan berbagai jenis pepohonan sehingga mengesankan suasana sejuk. Di tempat ini tersedia beberapa area Jogging Track, Lapangan Sepak Bola serta arena labirin dan hutan alam. Selain itu, Edupark juga kerap kali dipergunakan sebagai tempat penelitian bagi para mahasiswa UMS.

Sebagai universitas yang menerapkan aturan bebas asap rokok di sekitar lingkungannya, UMS dikelilingi oleh penghijauan, dari tanaman, pohon besar hingga bunga-bunga. Selain itu, kenyamanan berdiskusi dan belajar sangat diutamakan oleh UMS sehingga di sekitaran gedung UMS didirikan taman-taman dengan tempat duduk nyaman yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang meneduhkan sehingga dapat menciptakan situasi yang mendukung untuk belajar dan berdiskusi di lingkungan UMS. Di kampus II UMS ada danau buatan yang dikelilingi oleh penghijauan dan tempat duduk nyaman dan sering dijadikan tempat untuk berdiskusi atau sekedar melepaskan penat setelah beraktivitas.