Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan

Visi

Pada tahun 2029 menjadi pusat pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang Islami dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, untuk membentuk bangsa yang berkarakter kuat dan memiliki kesadaran berkonstitusi menuju masyarakat madani dan memberi arah perubahan

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan guru bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  • Memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta meningkatkan sumberdaya manusia yang berkarakter kuat, sehingga mampu memecahkan permasalahan bangsa dan memberikan pelayanan pendidikan yang profesional menuju masyarakat madani.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan latihan calon pembina ektrakurikuler kepramukaan, Hisbul Wathan, Patroli Keamanan Sekolah, dan Palang Merah Remaja

Tujuan

  • Menghasilkan guru bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang profesional, mampu mengembangkan pembelajaran inovatif dan melaksanakan Penelitian Pendidikan.
  • Menghasilkan guru yang mampu menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk mendukung profesionalisme sebagai guru.
  • Menghasilkan guru berkarakter kuat dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita nasional.
  • Menghasilkan guru yang memiliki kemampuan dalam membina ektrakurikuler kepramukaan, Hisbul Wathan, Patroli Keamanan Sekolah, dan Palang Merah Remaja

Informasi Lain 

Akreditasi A
Website www.ppkn.ums.ac.id
 

Gambar 1

Dr. Susiyanto

Dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu - Staf Ahli Kemendikbud

Tidak salah jika anak muda melanjutkan kuliah di jurusan PKn UMS, terlebih pada situasi dimana pendidikan Pancasila diintensifkan. Perlu penambahan program unggulan selain kepramukaan, sehingga akan banyak lulusan PKn yang mampu bekerja minimal seperti saya.

 

Gambar 2

Drs. Priyadi

Guru PNS - SMA Negeri 10 Tangerang

Anugrah terindah disaat sebangku kuliah dengan teman-teman PKn UMS, dibimbing oleh dosen yang berkompeten dengan fasilitas memuaskan. Kami akan menyambut adik-adik mahasiswa jika berkunjung di Jakarta. Kami alumni 87-88 jabodetabek siap menunggu kedatanganmu.