Mengapa Memilih UMS

UMS menawarkan berbagai kenyamanan yang didapatkan oleh mahasiswa, baik tingkat sarjana maupun pascasarjana. Beberapa keunggulan UMS diantaranya:

1. Lingkungan yang Islami

Sesuai dengan visi UMS mengenai pendidikan yang islami, UMS menawarkan lingkungan yang damai dengan nuansa islami, sehingga para peserta didik dapat merasa nyaman selama mengenyam pendidikan yang dipilih. Selain itu, dengan sikap toleransi yang dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari, lingkungan yang religius dapat membantu para peserta didik dalam menjalankan kewajiban agama masing-masing, baik bagi mahasiswa yang menganut ajaran Islam itu sendiri maupun bagi mahasiswa pemeluk agama lainnya.

2. Biaya hidup yang terjangkau

Surakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah dengan biaya hidup yang cukup terjangkau, baik itu dari segi akomodasi, transportasi dan makan. Untuk akomodasi sendiri, berbagai macam kamar kos dengan berbagai fasilitas yang ada di sekitar kawasan UMS ditawarkan dengan harga yang bervariasi yang dimulai dari kisaran harga Rp250.000,00. Demikian pula dengan transportasi, di mana bangunan kampus UMS yang terletak di dekat pusat kota Surakarta, sehingga dapat ditempuh menggunakan bis Batik Solo Trans dengan biaya Rp4.500,00 sekali tempuh. Harga makanan di kota Surakarta pun cukup ramah dengan kantong para mahasiswa, di mana para mahasiswa dapat mengeluarkan mulai dari Rp3.000,00 untuk sekali makan.

3. Tenaga pengajar yang kompeten

Guna menggapai cita-cita UMS, di mana UMS ingin menjadi universitas berstandar internasional sehingga dapat bersaing di kelas dunia, oleh karena itu, saat ini UMS memiliki tenaga pengajar profesional baik S2 maupun S3 lulusan dari universitas dalam negeri maupun luar negeri. Dengan lebih dari 26.000 mahasiswa, UMS mempunyai 531 tenaga pengajar profesional tetap, 90 tenaga pengajar berkompenten part-time, di mana ada sekitar 100 tenaga pengajar profesional UMS merupakan lulusan S2 dan S3 luar negeri. UMS merupakan satu-satunya PTS di Indonesia yang mendapatkan beasiswa ke luar negeri terbanyak baik di jenjang S2 maupun S3 untuk para pengajarnya. Untuk tenaga pengajar UMS lulusan universitas luar negeri sendiri telah tersebar di seluruh fakultas yang berada di UMS. UMS mendorong para pengajarnya untuk meraih ilmu ke tingkat yang lebih tinggi lagi hingga keluar Indonesia. Selain itu, UMS pun terus mendorong para pengajarnya untuk terus meningkatkan, mengembangkan, dan menerapkan ilmu yang telah dicapai demi kemajuan UMS. 

4. Fasilitas UMS

UMS memfasilitasi para mahasiswa yang ingin mengembangkan diri di luar kegiatan akademik, seperti:

      1. Pendampingan dalam peningkatan kapasitas diri

Selain mengedepankan kualitas pendidikan akademik, UMS juga berusaha untuk mengembangkan pendidikan yang dapat menjadi bekal bagi lulusannya untuk dapat terjun di masyarakat dan siap di dunia kerja melalui pendampingan nyata, seperti:

           a. Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK)

AIK merupakan pendidikan agama yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa dalam empat semester awal mereka belajar di UMS yang berupa mata kuliah serta pendampingan di luar mata kuliah. Karena sejatinya UMS percaya bahwa pendidikan karakter dan keagamaan berperan untuk meningkatkan kualitas lulusan, serta menjadikan mereka unggul di masyarakat. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh AIK berupa;

  1. Pemetaan baca Al Quran
  2. Pemberantasan buta huruf Al Quran
  3. Diskusi serta belajar agama
  4. Pengalaman menginap bersama di Pondok selama 4 hari

            b. English Tutorial Program (ETP)

Melandasi cita-cita UMS agar para mahasiswanya dapat memasuki persaingan pasar bebas yang mendunia, UMS pun membekali para mahasiswanya untuk dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Peningkatan dan pembekalan ini diberikan kepada para mahasiswa di semester pertama dan kedua mereka belajar di UMS dalam bentuk pendampingan intensif di ETP setiap akhir pekan di luar kelas. Hal ini juga diberikan sebagai bekal para mahasiswa untuk memahami buku literatur perkuliahan serta menjadikan mereka unggul di pasar kerja dengan kemampuan Bahasa Inggris yang lebih dibandingkan dengan lulusan dari universitas lain. Adapun kegiatan yang biasa dilakukan oleh ETP adalah:

  1. Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar untuk seluruh mahasiswa semester awal
  2. Pembiasaan komunikasi dengan Bahasa Inggris baik tulisan maupun verbal guna meningkatkan ilmu serta kepercayaan diri para mahasiswa
  3. Pendampingan dari para tutor yang merupakan mahasiswa semester tiga hingga enam UMS yang terpilih dan telah mendapat pelatihan dari para dosen Bahasa Inggris.
  4. Kegiatan tahunan ETP, yaitu
    1.  Social Gathering

​                     Kegiatan untuk para Tutor ETP;

                2. English Tutorial Cup

Kegiatan tahunan untuk para mahasiswa yang sedang mendapatkan pendampingan di ETP yang berisi perlombaan antar mahasiswa yang berguna untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dan juga kepercayaan diri. Lomba-lomba di English Tutorial Cup antara lain Story Telling, Speech, Poetry Reading, dan Exhibition Journalism; di mana pemenang lomba akan direkam dan ditampilkan di website dan TV UMS.

       2. Perpustakaan

Perpustakaan UMS telah berdiri sejak UMS masih menggunakan nama IKIP Muhammadiyah di tahun 1981. Sejak saat itu, perpustakaan UMS yang mempunyai jam operasional dari pukul 8.00 WIB hingga 20.00 WIB berupaya melakukan berbagai inovasi dengan mengutamakan kepuasan konsumen yang terus disesuaikan dengan kebutuhan para pengunjungnya, seperti peminjaman mandiri dan unggah mandiri. Peminjaman mandiri adalah fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan di mana para mahasiswa dapat meminjam buku dengan membawa buku yang dipinjam dan kartu anggota perpustakaan ke depan mesin mandiri yang telah disediakan tanpa bantuan petugas.

Selain itu, guna mempersingkat waktu pengunggahan hasil karya ilmiah, berupa skripsi, tesis ataupun disertasi, saat ini para mahasiswa dapat mengunggah sendiri hasil karya ilmiah mereka dengan validasi dari perpustakaan.

Perpustakaan UMS menyadari bahwa para pengunjungnya merupakan digital native, di mana para pengunjung tersebut merupakan generasi yang lahir di masa ketika perkembangan teknologi digital berlangsung sehingga perpustakaan memfasilitasi para pengunjungnya dengan internet nirkabel yang dapat diakses di gedung perpustakaan. Perpustakaan pun melengkapi koleksi buku yang telah mencapai lebih dari 40.000 judul buku serta buku versi elektronik, yaitu e-book yang dapat diunduh.

Dengan gedung yang mempunyai 3 lantai pelayanan serta hampir 1000 pengunjung setiap hari, perpustakaan memberikan pelayanan kartu anggota tidak hanya terbatas untuk para civitas akademika UMS saja, namun alumni maupun masyarakat luas dapat pula menjadi anggota UMS, yang dibagi menjadi dua: (1) Anggota luar biasa, di mana setiap masyarakat luas yang ingin mengakses perpustakaan dapat mendaftarkan diri menjadi anggota dengan membayar Rp25.000,00 setiap 6 bulan sekali serta Rp10.000,00 bagi para alumni UMS; (2) Anggota sekali kunjung, di mana setiap masyarakat yang ingin mengakses perpustakaan dapat membayar Rp5.000,00 per kunjungan yang dilakukan.

Agar dapat membuat para mahasiswa lebih mudah berinteraksi dengan Perpustakaan, saat ini Perpustakaan mempunyai SMS Gateway serta aplikasi perpustakaan UMS yang dapat diunduh. Fasilitas ini dipergunakan untuk memudahkan pengunjung menjangkau perpustakaan tanpa perlu mendatangi gedung perpustakaan, seperti memperpanjang waktu peminjaman buku, dan mengusulkan judul buku baru. Setiap tahunnya, perpustakaan UMS pun kerap mengadakan kegiatan bagi para pengunjungnya, diantaranya lomba resensi buku, penulisan essay, dan penulisan profil perpustakaan sekolah Muhammadiyah. Selain perpustakaan induk yang berada di kampus II UMS, UMS juga memiliki perpustakaan di fakultas kedokteran serta pascasarjana.

       3. Laboratorium

Selain mengedepankan teori yang diberikan secara tatap muka oleh para tenaga pengajar profesional, UMS pun menekankan untuk mempraktekan ilmu teori tersebut secara langsung, salah satunya melalui laboratorium. Seluruh fakultas UMS memiliki laboratorium masing-masing guna menunjang kebutuhan para peserta didik agar dapat langsung menerapkan, memanfaatkan serta membuat bahan untuk diterapkan secara nyata berdasarkan teori yang telah dipelajari sebelumnya sehingga lebih siap dalam memasuki dunia kerja. Laboratorium yang ada di UMS, antaranya:

  1. Lab Akuntansi
  2. Lab Farmasi
  3. Lab Geografi
  4. Lab Hukum
  5. Lab Gizi
  6. Lab Kimia
  7. Lab Biologi
  8. Lab Kom
  9. Lab Matematika
  10. Microteaching / LAB
  11. Lab Komputer FKI
  12. Lab Psikologi
  13. Lab Arsitektur
  14. Lab CAD (Computer Aided Design)/CAM (Computer Aided Manufacturing)/CAE (Computer Aided Engineering)
  15. Lab Elektro
  16. Lab Fisika
  17. Lab Teknik Komputer
  18. Lab Teknik Mesin
  19. Lab Teknik Sipil
  20. Mini Bank Syariah
  21. Pasar modal
  22. Bookstore UMS (Toko Buku)

Sebuah bangunan berwarna hijau dengan nama “Bookstore UMS” yang berdiri di pinggir jalan dekat gerbang kampus 1 UMS ini sudah berdiri sejak tahun 2007. Bookstore UMS buka setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 8.00 WIB hingga 16.00 WIB. Bookstore UMS melengkapi koleksi bukunya tidak hanya buku pelajaran, namun juga dengan buku populer, alat tulis kantor, hingga cinderamata. Buku-buku yang berada di Bookstore UMS berasal lebih dari 100 penerbit buku, termasuk Muhammadiyah University Press, pernerbit yang dimiliki oleh UMS.

UMS memberikan voucher Rp100.000,00 bagi para mahasiswa UMS semester 1 hingga 7 setiap semesternya untuk dapat ditukarkan dengan buku pelajaran. Selain itu, bagi para pelanggan yang tidak mendapatkan voucher, Bookstore UMS memberikan potongan harga hingga 10% dengan minimal pembelian buku Rp100.000,00 sekali pembelian. Selanjutnya, Bookstore UMS akan hadir dalam versi online store sehingga memudahkan para pelanggannya untuk dapat membeli buku yang dibutuhkan. Bedah buku dan bazar buku adalah kegiatan yang dilakukan oleh Bookstore UMS sehingga mendorong minat baca di lingkungan UMS.

       4. Masjid dan Mushola

UMS memiliki masjid dan juga mushola di seluruh lingkungan Kampus UMS guna mempermudah mengerjakan kewajiban sebagai seorang muslim dengan peralatan ibadah yang telah tersedia.

       5. Edupark UMS

Edupark merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh UMS yang terletak di Jl. Adisucipto Karanganyar, beberapa kilometer dari kota Solo ke arah barat. Tepatnya dari bundaran Manahan ke Barat atau dari Kampus UMS Pabelan ke arah utara. Edupark adalah sebuah taman rekreasi keluarga seluas 6 hektar yang didesain sebagai taman alam dengan berbagai jenis pepohonan sehingga mengesankan suasana sejuk. Di tempat ini tersedia beberapa area Jogging Track, Lapangan Sepak Bola serta arena labirin dan hutan alam. Selain itu, Edupark juga kerap kali dipergunakan sebagai tempat penelitian bagi para mahasiswa UMS.

        6. Wifi (Internet Nirkabel)

UMS menyadari bawa di era native digital, di mana generasi yang lahir di masa ketika perkembangan teknologi digital berlangsung, para civitas akademika UMS membutuhkan akses yang nyaman untuk berselancar di dunia maya sehingga mereka dapat dengan mudah memperoleh informasi terbaru yang ada di seluruh belahan dunia terutama bagi mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliahnya. Oleh karena itu, internet nirkabel yang bebas biaya telah tersedia di hampir seluruh kampus UMS yang diperuntukkan bagi dosen serta mahasiswa dari pukul 7.00 WIB hingga 22.00 WIB.

        7. Kendaraan operasional UMS

Untuk memudahkan perpindahan dari satu lokasi ke lokasi lainnya, UMS memiliki fasilitas kendaraan operasional berupa mobil minibus atau pun bis, yang dapat digunakan oleh para civitas akademika UMS, seperti kegiatan seminar atau lomba di sekitar UMS atau pun di luar kota.

         8. Gedung Olah Raga (GOR)

UMS tidak hanya mengedepankan kesehatan rohani dalam kegiatan sehari-harinya, sehingga UMS menyediakan Gedung Olahraga (GOR) yang dapat membantu civitas akademika UMS untuk tetap bugar ditengah kesibukan belajar mengajarnya. Olahraga yang kerap dilakukan di GOR, diantaranya olahraga basket, taekwondo, futsal, karate, pencak silat dan bulu tangkis.

        9. Taman dan Danau

UMS merupakan kampus yang menerapkan aturan bebas asap rokok di sekitar lingkungannya, serta UMS dikelilingi oleh penghijauan, dari tanaman, pohon besar hingga bunga-bunga. Selain itu, kenyamanan berdiskusi dan belajar sangat diutamakan oleh UMS sehingga di sekitaran gedung UMS didirikan taman-taman dengan tempat duduk nyaman yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang meneduhkan sehingga dapat menciptakan situasi yang mendukung untuk belajar dan berdiskusi di lingkungan UMS. Di kampus II UMS ada danau buatan yang dikelilingi oleh penghijauan dan tempat duduk nyaman dan sering dijadikan tempat untuk berdiskusi atau sekedar melepaskan penat setelah beraktivitas.

        10. Tempat Parkir yang Nyaman

Untuk membantu kebutuhan pengguna kendaraan pribadi baik sepeda, motor maupun mobil tetap aman selama pemilik melakukan kegiatan di sekitar UMS, UMS menyediakan lahan parkir yang nyaman dan aman.

        11. Transportasi umum

Kampus Universitas Muhammadiyah berada di jalur lintasan bis jurusan Jogja – Solo, Surabaya – Jogja, maupun Semarang – Solo. Untuk menuju ke UMS, bisa langsung berhenti dan turun di depan kampus UMS dari bis-bis antar kota yang dipilih. Selain itu, kampus UMS dekat dengan halte bis Batik Solo Trans sehingga memudahkan perpindahan dari UMS ke tempat lainnya di sekitaran Solo, seperti tempat pembelanjaan, toko buku, tempat hang-out, bandara atau pun rumah sakit.

         12. Fasilitas umum

Kampus UMS terletak di pinggir jalan sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh transportasi umum juga kendaraan pribadi serta dikelilingi oleh fasilitas umum lain yang mempermudah kegiatan dan kebutuhan selama berada di lingkungan UMS, seperti tersedianya Bank, ATM, tempat makan, kantin, foto kopi center, warung internet, supermarket, salon, toko buku, tempat hang-out, serta fasilitas umum lainnya.

         13. Beasiswa

Siswa berprestasi atau kurang mampu berkesempatan mendapatkan salah satu beasiswa di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Surakarta seperti beasiswa UMS, BBM, PPA, Supersemar, PT. Djarum Kudus, Dirjen Dikti, Bank Jateng, Toyota Astra, Gubernur Jawa Tengah dan Kantor Pendidikan Nasional Provinsi Jawa Tengah.